Soft Launching Surat Cintaku

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Barat menggelar Soft Launching Aplikasi  SURAT CINTAKU (Sulawesi Barat Cantik dan Indah Tanpa Kumuh), Jum’at 16 Agustus 2019, di ruangan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Aplikasi Surat Cintaku merupakan aplikasi berbasis website yang menyediakan data dan informasi  permukiman kumuh di Sulawesi Barat. Termasuk data tentang program dan kegiatan  permukiman kumuh, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Barat Hj. Suriana Z, ST., MM menuturkan, penerapan aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan akses terhadap data dasar permukiman dan data penanganan permukiman kumuh bagi para stakeholder, baik internal maupun eksternal. 

Dengan aplikasi ini, penanganan permukiman kumuh diharapkan dapat lebih optimal sehingga dapat menjadi pendorong pencapaian  program Sulbar Bebas Kumuh 2019. “sistem penginputan datanya dapat dilakukan kapan dan dimana pun. Hanya dengan mengakses suratcintaku.sulbarprov.go.id” sebutnya.

Suriana lebih lanjut menuturkan, sebagai dinas baru, DinasPerumahan dan Kawasan Permukiman yang terbentuk berdasarkan Perda No. 6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Sulawesi Barat, menghadapi cukup banyak hal yang perlu dibenahi. Termasuk fakta belum terkelolanya dengan baik data penanganan permukiman kumuh yang berkelanjutan. “data yang ada di aplikasi ini dapat menjadi bahan evaluasi perencanaan dan pengukuran pencapaian target penanganan permukiman kumuh” urai Suriana.

Acara soft lanching aplikasi yang merupakan proyek perubahan Kabid Kawasan Pemukiman ini dibuka sekaligus diresmikan oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat, DR. Muh. Idris, M.Si.  “sesuatu yang kompetibel harus dimulai dengan perubahan besar”  kata Muh. Idris dalam sambutannya.

Hadir saat acara, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang juga pelaksana tugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. H. Hamzah.S, MMA, Asisten Bidang Pemerintahan Drs. H.M Natsir MM, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Barat Kementerian PUPR.

Turut pula hadir, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Mamuju, Tim KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Kementerian PUPR, Sekretaris dan seluruh staf Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Barat serta para tamu undangan.(RA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *